RIZKY FEBIAN

Rizky Febian BonCabeBonCabe Lovers mau tau lebih dalam tentang Rizky Febian atau akrab disapa Iky? Hanya di sini BonCabe Lovers akan mendapatkan jawaban jujur langsung dari Iky seputar kehidupan, karir, hobi dan pastinya kecintaan Iky kepada BonCabe! Penasaran? Langsung aja scroll ke bawah ya.

1. Kapan pertama kali Iky merasa yakin untuk serius menjadi penyanyi?
Dari umur 4 tahun aku sudah dikenalkan dengan musik dan alat musik tradisional sehingga membuat aku peka dengan musik. Sekitar usia 10-13 tahun ikut festival band dan membuat band sendiri sebagai gitaris.
Ketika usia 15 tahun, aku yakin untuk bernyanyi tapi bingung harus mulai dari mana, sementara aku tidak mau mendompleng kesuksesan nama besar Ayah. Jadi aku mulai masuk ke dunia hiburan, ikut casting film, iklan dan FTV tanpa bantuan orang tua. Aku ingin membuktikan kepada orang tua dan orang-orang yang meremehkan aku, kalau aku bisa sukses di dunia hiburan tanpa bantuan orang tua.

Suatu momen pas break shooting aku mendapatkan ilham dan terciptalah lagu ‘Kesempurnaan Cinta’. Kemudian aku pergi ke label-label sendiri untuk menawarkan laguku. Tapi ternyata semuanya mengabaikan lagu aku.

Awalnya aku tidak cerita ke Ayah mengenai lagu “Kesempurnaan Cinta’, kemudian karena sering mendengar aku bersenandung, Ayah pun tanpa sadar ikut bersenandung dan bertanya-tanya tentang lagu itu. Namun ketika ayah bertanya dengan tegas, aku akhirnya memberitahu Ayah dan Ayah pun terkejut tidak menyangka bahwa aku bisa menciptakan lagu yang bagus.

Lagu aku pertama kali didengarkan di acara Ayah kemudian Pihak TV pun mengajak bekerjasama. Aku pun seolah mendapat jawaban dari Sang Maha Kuasa, diingatkan kembali bahwa impian sejak awal adalah menjadi seorang penyanyi dan passionku pun menyanyi. Maka dari situ aku memantapkan diri untuk memilih fokus sebagai penyanyi dan meninggalkan dunia akting.

2. Bagaimana reaksi keluarga Iky saat kamu memutuskan untuk menjadi penyanyi?
Orang tua merasa bangga, karena mereka berhasil menurunkan darah seni ke anaknya. Dan aku berusaha meyakinkan kedua orang tua bahwa suatu saat nanti aku pasti akan jadi penyanyi dan ayahku meminta untuk membuktikannya.
Hal pertama yang buat aku kaget, yang dulunya aku ngerasa ini hanya bisa berkhayal bisa sepanggung dengan penyanyi ternama seperti Afghan dan berlatih pidato di depan cermin seolah mendapatkan award. Setelah Kesempurnaan Cinta, semuanya bisa terwujud. Mungkin orang berpikir kalau Kesempurnaan Cinta langsung booming begitu saja, namun sebenarnya proses promosi sangat panjang. Bersama Net Talent Management (NTM), aku manggung di café-café dan taman kota. Mulai dari sepi penonton sampai diusir security. Tapi itu tidak membuat aku patah semangat dan menganggapnya sebagai sebuah proses.
Kesempurnaan Cinta justru pertama kali release di Brunei, karena salah satu pangeran Brunei menyukai laguku dan ingin lagu ini dinyanyikan sebagai surprise. Belum pernah manggung secara formal, justru aku merasa momen pertama kali bernyanyi di Brunei adalah saat yang tepat untuk menguji mentalku.

3. Proses terberat apa yang harus Iky hadapi pada saat pertama kali meniti karier?
Berdiri sendiri tanpa bantuan orang tua. Aku tak ambil pusing omongan orang dan membuktikannya dengan karya.

4. Apa yang Iky lakukan untuk mengatasi fase terberat tersebut?
Mengasah dan mengembangkan bakat. Bahkan aku memberanikan diri untuk menemui penyanyi-penyanyi senior, belajar langsung dengan mereka, salah satunya Alm. Mike Mohede. Aku yang mencari tahu apa yang harus dilakukan sebagai seorang penyanyi dan sebagai seorang entertainter.

5. Siapakah inspirasi terbesar sehingga Iky bisa menjadi seorang penyanyi seperti sekarang?
Orang tua yang memulai karirnya dari 0 dan sangat support karir aku.

6. Kalau Iky nggak dilahirkan dengan suara sekeren sekarang, kira-kira mau jadi apa?
Nggak tahu, mungkin jadi anak yang baik atau pebisnis.

7. Apa arti kata sukses bagi Iky?
Aku masih merasa jauh dari kata sukses. Sukses bagiku ketika karyaku masih dikenang meskipun aku sudah tiada.

8. Pengalaman apa yang paling berkesan pada saat menjadi penyanyi terkenal?
Ketika impian dan khayalan terwujud. Salah satunya penghargaan penulis lagu terbaik di Net 3.0. Semua yang aku impikan terjadi bersamaan. Proses menuju hingga titik saat ini yang menurut aku paling membekas di hati.

9. Apakah cita-cita Iky yang belum tercapai?
Belum bisa membanggakan orang tua, belum bikin album, namun sedikit demi sedikit mulai tercapai dengan bantuan dari management, keluarga dan sesama musisi.

10. Share dong motivational quotes Iky untuk BonCabe Lovers!
Ketika memulai sesuatu, aku awali dengan niat. Ketika ada niat, kita juga harus kekeuh. Ketika mulai menjalani, kita harus komitmen. Berusaha mengembangkan apa yang kita punya. Contohnya memanfaatkan ‘kekurangan’ yang menjadi ciri khas.

11. Pernah nervous saat manggung? Apa yang Iky lakukan saat nervous?
Sampai sekarang masih, untuk mengatasi nervous, aku suka menambah lagu, mengajak penonton bernyanyi. Aku juga berusaha menjaga mood orang-orang di sekitar, seperti melawak.

12. Apa hobi yang biasa dilakukan di waktu luang?
Main bola, main games, play station di rumah. Kalo main game itu bisa dibilang wajib, mau pulang shooting atau nyanyi, kalo sampe rumah harus main game, karena untuk mengatasi stress dan jenuh juga.

13. Apa makanan favorit?
Tempe. Kalau di rumah banyak lauk, aku tetap milihnya makan pakai tempe, kadang pakai sambel dan pakai BonCabe.

14. Apa makanan yang paling nggak disuka?
Aku nggak ada makanan yang nggak disuka, nggak ada pantangan, tapi paling yang disuka tetap tempe.

15. Apa ada kebiasaan unik yang orang lain nggak tau?
Aku suka lama di kamar mandi, karna suka nyanyi-nyanyi di kamar mandi. Terus kalau tidur susah dibangunin.

16. Apakah Iky punya fobia terhadap sesuatu?
Aku nggak takut cuma geli sama cicak. Karena disaat aku pegang dan ekornya putus jadi aku merasa bersalah jadi geli aja sampe sekarang.

17. Apa yang Iky lakukan kalau lagi bete?
Jahil sama orang, dari pada melakukan hal yang aneh. Bikin lagu, cari referensi lagu, mikirin konsep ke depannya gimana.

18. Apa kota favorit Iky di Indonesia?
Bandung, karena aku lahir di Bandung. Kenapa aku suka, karena udah lama nggak pulang ke Bandung dan ketika aku pulang ke Bandung banyak sekali perubahan jadi bagus banget. Suka juga dengan Jawa, Yogya, Malang, Palu, Sumba, Raja Ampat.

19. Hal apa yang paling Iky tunggu-tunggu dari lebaran?
Kumpul bareng keluarga besar dan sodara yang jauh banget. Karena kesibukan jadi susah kumpul bersama keluarga.

20. Apakah Iky bisa masak? Masakan apa yang paling jago dibuat?
Bisa, karena mamah juga jago masak. Aku bisa masak sambel, tempe dan paling jago nasi goreng.

21. Kapan pertama kali tau BonCabe?
Udah lama. Bahkan saat di Korea, aku dan tim bawa BonCabe karena merasa makanan disana kurang cocok.

22. Level berapa BonCabe favorit Iky?
Level 15 dan 30 karena aku suka pedas.

23. 3 kata untuk BonCabe?
Pedas, Ekstrim, Gurih, Asin, Enak.

24. Paling suka tabur BonCabe dimakanan apa?
Semua makanan, mulai dari Bakso, Nasi Goreng, Tempe, Mie Instan

Copyright © 2018 KOBE BOGA UTAMA. All rights reserved • Privacy Policy